Gak Mau Kena Tilang? Ini Tipsnya

Rabu, 11 September 2019 – 07:00 WIB

ilustrasi kendaraan terkena tilang (Foto:Istimewa)

ilustrasi kendaraan terkena tilang (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQnews – Buat kalian para pengendara sepeda motor pernah gak sih tiba-tiba dijalan diberhentiin sama polisi? Atau ngerasa was-was semisal ada banyak pak polisi di jalanan?

Pastinya kan? Nah, makanya, selain harus melengkapin surat-surat yang diperlukan, kamu juga harus tahu beberapa cara untuk tidak terjerat dalam razia lalu lintas kepolisian.

Nah biar kalian para pengendara sepeda motor bisa tenang dan gak deg-degan pas mengendarai motor karena takut kena surat tilang, yuk simak tips berikut ini:

1.Taati aturan dalam berlalu lintas yaitu Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

2. Sebelum berpergian pastikan surat-surat Anda lengkap dan jangan lupa membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Oh iya, pastikan juga surat-suratnya masih berlaku yah. Maksudnya surat masih dalam keadaan aktif.

3. Pastikan kendaraan dalam keadaan lengkap, mulai dari kaca spion, klakson, lampu rem, lampu penunjuk arah (sein), lampu utama, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan ke dalaman alur ban untuk sepeda motor harus dalam keadaan baik untuk berkendara. Jangan lupa juga buat menyalakan lampu utama di siang hari.

4.Pastikan juga pelat nomor terpasang dengan baik dan pelat nomor harus sesuai dengan surat berkendara.

5.Gunakan helm SNI baik bagi pengendara maupun penumpang.

6.Jangan melanggar rambu-rambu lalu lintas. Perhatikan rambu-rambu lalu lintas di sekitar dan patuhi rambu itu.

7.Berkendara lah sesuai dengan jalur yang telah ditentukan. Jangan coba-coba lawan arus ataupun muter balik bukan pada tempatnya serta jangan masuk jalur busway. Selain bisa kena tilang itu juga membahayakan keselamatan kalian. Ingat, keluarga dirumah menunggu kalian pulang dalam keadaan selamat. Kalau udah kena tilang, kalian bisa kena denda dan dikenakan pidana kurungan loh. 

So, kapan pun dan dimana pun taati aturan berlalu lintas karena memang kesadaran yang tumbuh dalam diri. Ayo tanamkan kesadaran hukum berlalu lintas. (TIA)