Catat! Ini 4 Langkah Penting Mencegah Seseorang Bunuh Diri

Rabu, 11 September 2019 – 20:30 WIB

Bunuh diri (ilustrasi)

Bunuh diri (ilustrasi)

JAKARTA, REQnews - Kasus bunuh diri masih tinggi di hampir setiap negara, termasuk Indonesia. Bunuh diri kadang terjadi karena lambannya penanganan, atau upaya pencegahan dari orang-orang di sekitar.

Nah, jika kamu menemukan seseorang yang sedang ingin membunuh dirinya sendiri, kira-kira apa yang kamu lakukan? Apa membiarkannya saja, atau mengambil langkah-langkah tertentu? Hati-hati lho, salah langkah, kelar!

Ternyata, ada beberapa langkah-langkah tepat yang harus kamu lakukan ketika berhadapan dengan orang yang ingin bunuh diri, seperti berikut ini:

1. Menjadi Pendengar yang Baik

Biasanya, orang yang mau bunuh diri itu memiliki masalah yang berat, dan menurutnya tak ada harapan atau solusi, sehingga menghabisi nyawa sendiri adalah jalan terbaik. Nah, coba deh, kamu minta secara perlahan agar dia mau cerita masalahnya apa. Tapi, ingat, berusahalah jadi pendengar yang baik, lalu ketika dapat momen untuk menasihati, berilah ia kata-kata bijak yang menyejukkan.

2. Hindarkan dari Benda Berbahaya

Jika kamu lihat ada benda berbahaya di dekat orang yang ingin bunuh diri, segera alihkan perhatiannya, lalu secara diam-diam menjauhkan benda tersebut. Orang yang ingin bunuh diri biasanya kalap, dan selalu menemukan cara untuk menghabisi nyawanya sendiri. Misalnya, jika gagal gantung diri, ia akan mencari pisau untuk menusuk tubuhnya sendiri.

3. Minta Pertolongan

Kalau kamu berhadapan dengan kondisi itu, tetap tenang ya. Alihkan saja perhatian orang yang ingin bunuh diri itu, ajak bicara dengan santai. Tapi, diam-diam kamu meminta pertolongan, misalnya menggunakan ponsel untuk menghubungi polisi atau orang-orang yang dipercaya bisa menolong.

4. Tetap Bertanya Kabar

Jika kamu berhasil menggagalkan upaya bunuh diri seseorang, bukan berarti pekerjaanmu selesai. Bisa jadi, saat tak ada kamu, dia akan melakukan hal yang sama tanpa diketahui orang lain. Nah, untuk mencegahnya melakukan itu, coba bangun hubungan yang baik dan tetap berkomunikasi kepada dia secara rutin, misalnya menanyakan kabar. (ryv)