Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!
Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!

Apa Jadinya Bila Anda Tidak Melakukan Perjanjian Pranikah

Kamis, 28 Februari 2019 – 23:00 WIB

foto:istimewa

foto:istimewa

JAKARTA, REQNews - Prenuptial agreement (pre-nup) atau perjanjian pranikah penting dibuat sebelum menikah untuk memperjelas harta, hak, serta kewajiban pasangan suami-istri. Lalu apa yang akan terjadi bila Anda tidak membuatnya?

Jika Anda tidak membuat perjanjian pranikah, hukum negara akan menentukan siapa yang memiliki properti yang Anda peroleh selama pernikahan Anda. Hukum negara bahkan dapat menentukan apa yang terjadi pada beberapa properti yang Anda miliki sebelum menikah. 

Di bawah hukum, setelah pernikahan muncul hak kepemilikan otomatis tertentu untuk setiap pasangan. Misalnya, jika tidak ada perjanjian pranikah yang menyatakan sebaliknya, pasangan biasanya memiliki hak untuk, berbagi kepemilikan properti yang diperoleh selama pernikahan, dengan harapan bahwa properti tersebut akan dibagi di antara pasangan dalam hal perceraian atau pada saat kematian. 

Selain itu, dikenakan hutang selama pernikahan bahwa pasangan harus membayar. Berbagi dalam pengaturan dan kontrol atas properti perkawinan, termasuk hak untuk menjualnya atau memberikannya.

Jika undang-undang tidak sesuai dengan keinginan Anda, inilah saatnya untuk memikirkan perjanjian pranikah, yang dalam banyak kasus memungkinkan Anda memutuskan sendiri bagaimana properti Anda harus ditangani. (nls)