7 Tips Mengisi Libur Akhir Pekan yang Berkesan dan Berkualitas

Sabtu, 12 Oktober 2019 – 10:30 WIB

Ilustrasi seorang wanita sedang membaca buku. (Foto: shutterstock)

Ilustrasi seorang wanita sedang membaca buku. (Foto: shutterstock)

JAKARTA, REQnews - Tak sedikit orang yang bingung untuk menghabiskan waktu liburan di akhir pekan. Banyak orang yang merasa lelah karena telah beraktivitas secara penuh seminggu terakhir hingga memutuskan untuk hanya berbaring di kasur seharian.

Istirahat sangatlah penting, terlebih tenaga Anda sudah terkuras karena disibukkan oleh pekerjaan yang menumpuk hingga waktu tidur pun ikut berkurang. Namun, alangkah baiknya jika hari libur Anda dihabiskan dengan hal-hal yang bermanfaat.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan agar liburan Anda bisa lebih berkesan dan berkualitas. Apa saja? Simak 7 tips mengisi liburan berikut ini:

1.    Olahraga Pagi

Bila Anda termasuk orang yang malas untuk keluar di pagi hari, cobalah melangkah keluar kamar, berjalan-jalan mengitari rumah, menghirup udara segar, lalu rasakan sensasinya.

Atau, bisa juga pergi ke car free day. Anda akan menemukan orang berlalu-lalang menggunakan sepeda atau hanya sekadar berjalan kaki. Di sana juga Anda akan dapat temukan aneka makanan lezat, berbagai komunitas, dan acara terbuka lainnya. Dan bukan tidak mungkin, Anda juga akan menemukan kenalan baru di sana.

2. Merapikan Kamar

Selain Anda pergi keluar berolahraga, Anda pun tetap dapat memanfaatkan waktu yang berkualitas di dalam rumah. Pastinya, selama seminggu beraktivitas tata letak barang-barang Anda di kamar berubah dari yang seharusnya. 

Rapikan dari yang paling mudah dan paling dekat dengan Anda, lalu taruh barang-barang sesuai tempatnya. singkirkan pakaian kotor dan cucilah selimut serta sprei. Terakhir, sapu dan pel lantai kamar Anda dan tambahkan pengharum ruangan.

3. Baca Buku atau Informasi Terbaru

Meskipun libur, pastikan otak kalian tetap dapat asupan informasi. Tidak perlu buku bacaan yang susah dimengerti, Anda bisa membaca buku yang bisa membuat diri Anda rileks. Atau bisa jugaupdate berita-berita terbaru dari ponsel Anda.

Mungkin jika bosan dengan membaca buku di rumah, bisa mengunjungi toko buku untuk mendapatkan suasana baru tidak ada salahnya. Anda akan memiliki banyak pilihan jenis buku sesuai tema yang Anda minati. 

4. Kembangin Hobi atau Passion

Isi waktu luang dengan menekuni hobbi dan passion Anda punya. Bagi pecinta musik, Anda bisa keluar mengikuti beberapa komunitas musik agar kemampuan kamu lebih keasah. Bagi Anda yang suka fotografi, sembari jalan-jalan menikmati dunia, kamu bisa melakukan hobbi kamu ini. 

5. Bersilaturahmi

Di sela kesibukan, ada masa di mana Anda harus bersilaturahmi mengunjungi kerabat dan saudara. Maka hari libur menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk mengunjungi mereka. Mereka akan senang, di tengah padatnya aktivitas Anda masih meluangkan waktu untuk datang berkunjung. Buatlah agenda untuk berkunjung, dan buatlah suasana santai dengan saling berbagi cerita di rumah mereka.

6. Bersama Orang Terkasih

Saat biasanya Anda sibuk memikirkan tugas, deadline, dan kawan kawannya, liburan bisa menjadi momen untuk menghabiskan waktu Anda bersama orang tersayamg. Hargai setiap moment yang ada. Tidak perlu keluar budget yang besar, saling berbagi kisah tentang kehidupan masing-masing akan membuat Anda dan pasangan mengerti satu sama lain.

7. Membuat Jadwal Seminggu Kedepan

Terakhir, ambillah selembar kertas atau buku agenda Anda untuk merancang aktivitas seminggu ke depan. Orang-orang sukses yang sering Anda lihat dalam TV, surat kabar, sampai buku adalah orang yang hidupnya tertata. Mereka menyusun kegiatan-kegiatan mereka tiap harinya.

Bukan gaya hidup orang-orang sukses saja yang harus Anda tiru. Tapi juga bagaimana pola hidup mereka sehingga mereka bisa sesukses sekarang. Bila Anda rajin membuat to do list setiap harinya, bahkan sampai seminggu ke depan, hidup Anda akan menjadi terpola dengan membuat waktu menjadi lebih berkualitas.

Selamat akhir pekan!