Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Apa yang Dilakukan Jika Anda Dituduh Melanggar Hak Cipta

Jumat, 21 Desember 2018 – 15:34 WIB

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Oleh Lesley Ellen Harris

(Pengacara hak cipta / konsultan yang bekerja di bidang hukum, bisnis, dan strategis dalam industri penerbitan, konten, hiburan, Internet, dan Informasi)

Anda dapat menerima e-mail, surat biasa, panggilan telepon atau sebaliknya diberitahu oleh pemilik hak cipta atau pengacaranya bahwa Anda melanggar hak ciptanya. Klaim dapat terkait dengan artikel yang dipublikasikan di newsletter Anda atau untuk sebuah foto di situs Web Anda.

Seringkali pemberitahuan ini menyatakan bahwa jika Anda tidak mengambil langkah untuk memperbaiki situasi, baik dengan membayar biaya lisensi hak cipta atau dengan menghentikan setiap dan semua penggunaan konten, pemilik hak cipta akan membawa persoalan ini ke pengadilan .

Jangan panik. Sebelum mengevaluasi validitas klaim dan menganalisis opsi Anda, sebaiknya jangan mengambil langkah radikal apa pun. Dengan kata lain, luangkan waktu untuk memahami klaim dan lihat apa yang paling masuk akal bagi organisasi Anda dalam situasi tersebut.

Pelanggaran hak cipta adalah ketika seseorang menggunakan karya yang dilindungi hak cipta dari orang lain, (buku, artikel, lagu, dll.), Tanpa izin. Jika sesuatu dilindungi oleh hak cipta, Anda pada umumnya tidak dapat secara legal menyediakannya kepada publik dalam format apa pun, digital atau lainnya, tanpa izin dari orang atau badan yang memegang hak cipta.

Tentukan Keabsahan Klaim

Langkah pertama Anda adalah meninjau materi yang secara khusus apakah ini benar-benar bahan yang Anda gunakan? Apakah Anda menggunakan bahan-bahan ini dengan cara yang diklaim dalam surat permintaan? Jika demikian, apakah mereka masih dilindungi oleh hak cipta, atau apakah mereka mungkin berada di domain publik? Sudahkah Anda melisensikan materi, atau mendapatkan penugasannya?

Jika Anda memerlukan izin untuk menggunakan bahan-bahan ini, apakah Anda sudah mendapatkan izin itu? Semoga, semua izin yang Anda terima tertulis dan merupakan bagian dari basis data yang mudah diakses. Periksa izin atau lisensi. Apakah penggunaan Anda tertutup olehnya? Sudahkah Anda mengikuti syarat dan ketentuan dalam lisensi? Mungkin orang yang menuntut Anda mengklaim bahwa, meskipun Anda hanya memperoleh lisensi untuk meletakkan materi di situs Web Anda selama 6 bulan, Anda telah lupa untuk menghapusnya setelah satu tahun. Setelah periode penggunaan enam bulan telah berakhir, Anda bisa melanggar hak cipta.

Lisensi ini juga dapat menyatakan bahwa hanya sejumlah pengguna resmi tertentu yang memiliki akses ke konten. Misalnya, organisasi dapat memperoleh hak untuk memposting artikel tentang manajemen merek di situs Web-nya untuk program selama seminggu di Pemasaran Online. Lisensi menyatakan bahwa Anda harus memiliki situs web yang dilindungi kata sandi dan hanya dapat mengeluarkan 50 kata sandi. Jika organisasi Anda membuat artikel tersebut dapat diakses selama lebih dari satu minggu atau memberikan izin kepada lebih dari 50 pengguna untuk melihat artikel tersebut, Anda dapat melanggar lisensi dan tunduk pada klaim pelanggaran kontrak atau pelanggaran hak cipta, atau keduanya.

Hubungi Pengacara Anda

Setelah Anda mengumpulkan informasi faktual yang berkaitan dengan apakah klaim terhadap Anda valid, diskusikan masalah tersebut dengan penasihat hukum Anda. Yang terbaik adalah berurusan dengan seorang pengacara yang memiliki banyak pengalaman dalam klaim kekayaan intelektual.

Berikan pengacara Anda dengan perjanjian lisensi Anda (jika Anda memilikinya), dan dokumen lain yang mendukung posisi Anda. Diskusikan pilihan Anda dengan pengacara Anda. Pengacara Anda mungkin menyarankan Anda untuk mengabaikan klaim jika itu tampaknya tidak valid, atau membiarkan pihak lain tahu ini dan bahwa Anda akan terus menggunakan konten. Jika penggunaan Anda tidak sah, Anda mungkin ingin berhenti menggunakan konten, atau melakukan negosiasi dengan pemegang hak cipta untuk membayar biaya hak cipta. (nls)