Nih! Tips Belanja di Harbolnas 11.11 Tanpa Takut Kantong Kempes

Sabtu, 09 November 2019 – 20:30 WIB

ilustrasi Harbolnas (tribunnews.com)

ilustrasi Harbolnas (tribunnews.com)

JAKARTA, REQnews – Hy sobat millennial, uda pada tau belum, kalau setiap tanggal 11 November alias 11.11 adalah hari diskon alias hari belanja online nasional (Harbolnas) lho. Biasanya para perdagangan online (e-commerce) akan ngadain pesta diskon. Ini kesempatan buat kalian yang pingin belanja dan dapatkan diskon hingga dapat tawaran uang kembali (cashback).

Nah, hal ini tentu kadang bikin kalian gelap mata untuk belanja sana-sini kan? Supaya kantongmu gak kempes, nih simak tips-tips berikut ini dari Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andi Nugroho. Lets Check it out!

Pertama, buat daftar produk yang dibutuhkan lengkap dengan estimasi harga.

"Pastikan barang tersebut memang dibutuhkan dan perlukan, bukan sekadar diinginkan. Buat juga estimasi budget yang mau dibelanjakan, kalau sudah mencapai limit, maka setop," ujarnya, Jumat 8 November 2019.

Kedua, periksa dengan jeli syarat dan ketentuan promo. Misalnya, diskon bisa lebih besar bila membeli dalam jumlah yang lebih besar. Menurutnya, ketentuan ini boleh diambil asal produk memang sangat dibutuhkan, misalnya, popok bayi. Sementara bila Anda membeli susu bayi dalam jumlah banyak, Anda harus benar-benar menghitung frekuensi konsumsinya.

Contoh lain, misalnya ada promo diskon 10 persen bila pembelian mencapai Rp200 ribu dalam satu transaksi. Maka, pastikan transaksi mencapai batas tersebut, bila tidak, Anda bisa gagal mendapat potongan 10 persen itu.

Begitu juga ketentuan promo soal ongkos kirim. "Cek juga cashback-nya, lumayan hasil cashback bisa untuk belanja lagi di kemudian hari," katanya.

Ketiga, cermat memilih saluran pembayaran. Pasalnya, ada beberapa promo diskon yang diberikan asal pembayaran menggunakan dompet digital marketplace tersebut. Nah, bila demikian, maka dana yang sudah disiapkan bisa dimasukkan ke dompet digital. Setelah itu, pembayaran tinggal menggunakan saldo dari dompet digital tersebut.

"Selain itu jadi bisa mengontrol berapa yang sudah dimasukkan dan dibelanjakan. Hindari transaksi belanja pakai kartu kredit atau fasilitas pay later untuk menghindari khilaf, karena kedua hal tersebut hakikatnya utang," terangnya.

Sementara, Perencana Keuangan dari Tatadana Consulting Tejasari Assad mengatakan konsumen juga perlu melakukan riset produk dan harga di beberapa marketplace sebelum melakukan pembelian. Tujuannya, guna memastikan kualitas dan harga yang paling pas untuk kantong.

"Tentu harga paling murah secara total yang dipilih. Tapi bandingkan dulu beberapa toko dan masing-masing promonya," ujarnya.

Namun, bila ada promo cashback, Tejasari mengatakan konsumen harus benar-benar jeli. Sebab, cashback memang menggiurkan, namun sebenarnya rentan membuat Anda terus berbelanja.

Maklum, ketika belanja, konsumen dapat cashback. Lalu, cashback digunakan dan nanti bisa dapat cashback lagi. Hal ini rentan menjadi siklus yang tak berhenti.

"Jangan sampai jadi terdorong untuk belanja lagi dan malah membeli barang yang kurang diperlukan," katanya.

Nah itu, tips-tips untuk berbelanja di tanggal 11 November nanti ya. Semoga bermanfaat (Binsasi)