Begini Cara 'Menyelamatkan Diri' dari Seseorang yang Terlalu Banyak Bicara

Minggu, 10 November 2019 – 15:30 WIB

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Pastinya kalian pernah bertemu dengan seseorang yang terlalu banyak bicara. Bahkan, terkadang apa yang mereka bicarakan hanya membuang-buang waktu Anda untuk hal-hal yang tidak ada artinya. 

Situasi seperti ini akan membuat Anda semakin merasa bingung. Sembari mendengarkan, Kamu akan berpikir bagaimana cara membuat orang itu berhenti berbicara dengan cara yang sopan. Pastinya Anda ingin 'melarikan diri' dari orang-orang ini.

Penasaran ini 8 tips agar Anda bisa keluar dari berbagai topik pembicaraan orang yang banyak bicara:

1. Mendengarkan dengan sopan

Langkah pertama adalah mendengarkan dengan sabar. Penting untuk mengetahui apa yang orang ini coba katakan kepada Kamu. Mungkin saja ada hal penting yang ingin mereka ungkapkan. Atau mungkin, mereka ingin dikagumi. Jika itu sesuatu yang sangat penting, pidato itu seharusnya tidak terlalu lama.

2. Sering bertanya maksud dari pembicaraan yang disampaikan

Ada baiknya untuk mengingatkan mereka apa maksud dari percakapan Kamu. Karena biasanya banyak yang menyimpang dari topik. Kamu juga dapat menanyai mereka tentang hal itu, sehingga mereka harus kembali dari topik awal pembicaraan. 

3. Bertanya apakah Kamu dapat menginterupsi mereka

Jika lawan bicara Kamu masih tidak berhenti, maka mungkin sudah saatnya untuk lebih tegas. Kamu bisa bertanya dengan sopan, tetapi percaya diri, apakah mereka keberatan jika Anda menyela mereka. 

Di sini boleh saja mereka menyelesaikannya, karena Kamu tidak punya pilihan. Tetapi begitu Kamu merasa bahwa mereka akan pindah ke topik lain, ini adalah kesempatan Kamu untuk mengganggu mereka lagi.

4. Mengubah situasi

Setelah menyela mereka, Kamu dapat "membalikkan situasi." Alih-alih menghentikan pembicaraan sepenuhnya, Anda dapat menambahkan komentar tentang mereka. Kamu bisa membuat mereka merasakan apa yang Kamu rasakan dan mereka mungkin berhenti berbicara.

5. Memberitahu mereka bahwa Kamu tidak punya waktu

Terkadang, orang tidak bisa menerima petunjuk. Tidak ada salahnya untuk memberi tahu mereka bahwa Kamu tidak punya waktu lagi untuk mendengarkannya. Kamu bisa bilang kalau Kamu sangat sibuk saat ini dan tidak dapat diganggu lagi. 

6. Menyetujui waktu bicara tertentu

Jika Kamu merasa bahwa mereka benar-benar ingin menyelesaikan pembicaraan mereka, maka usulkan waktu tertentu kapan Kamu bisa melakukannya lagi. Saat melakukan ini, Kamu bisa menekankan sekali lagi bahwa Kamu memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

7. Menunjukkan rasa ketidaksukaan

Bisa jadi mereka tidak peduli tentang apa pun dan tidak bisa berhenti berbicara. Mereka hanya ingin menceritakan kisah hidup mereka kepada siapa saja yang mereka temui di jalan mereka. Jika tidak ada trik untuk menghentikan pembicaraan mereka yang berhasil, maka Kamu bisa menunjukkan rasa ketidaksukaan Kamu.

Bahasa tubuh bersama dengan ekspresi wajah Kamu yang terganggu akan menunjukkan kepada mereka bahwa ucapan mereka tidak diterima lagi.

8. Pergi

Ini kasar, tetapi efektif. Jika sampai pada titik di mana mereka mengabaikan bahasa tubuh Kamu, maka ini bisa cara yang ampuh. Ya, saatnya pergi begitu saja. Lagi pula, cukup sudah cukup, Kamu memiliki kehidupan sendiri dan hal-hal yang perlu Anda konsentrasi.