Untuk Milenials, Nih Tips Agar Terhindar Dari Bahaya Situs Kencan Online

Selasa, 12 November 2019 – 06:00 WIB

ilustrasi situs kencan online (suara.com)

ilustrasi situs kencan online (suara.com)

JAKARTA, REQnews – Hy Millenials, sikapmu yang ingin tahu dan eksis dengan siapa saja adalah hal yang lumra. Tentu tak ada juga yang melarangmu untuk berhubungan dengan orang baru di dunia maya, terutama aplikasi kencan online. Di samping nambah relasi, bisa juga bermuara pada pernikahan. Yah, hitung-hitung, sambil menyelam minum air, kan?

Tapi, tetap hati-hati ya, soalnya sudah banyak kejadian, ada yang malah dapat apes akibat efek situs kencan online. Alih-alih pengen dapetin jodoh, eh mereka mereka malah di php-in dan sakit hati.

Bahkan bahayanya lagi, situs kencan online juga bisa jadi modus kejahatan seperti penipuan, pemerkosaan, dan tindak kriminal lainnya. Nah, untuk itu para millennials perlu waspada dan perhatikan beberapa tips di bawah ini agar tidak salah jalan dan jadi korban kejahatan.

Nih, 7 cara agar aman dan terhindar dari penipuan kencan daring. Yuk disimak ya!

 

1. Jaga hati dan perasaan

Selalu menjaga hati dan perasaan selama berhubungan melalui kencan daring. Pastikan untuk benar-benar mengenal calon pasangan sebelum memutuskan untuk berhubungan serius.

"Tetap ingat bahwa hubungan di dunia maya belum 100 persen menjadi real," ujar psikolog klinis Personal Growth Veronica Adesla.

Bila ingin menjadikannya sebagai pasangan hidup, Veronica menyarankan untuk terlebih dahulu bertemu tatap muka dan mengenal satu sama lain secara nyata.

"Termasuk juga saling mengenal keluarga dan membicarakan hubungan dengan lebih serius," ujar Veronica yang juga berprofesi sebagai konselor pernikahan ini.

Waspadai orang yang tidak bersedia bertemu langsung atau hanya bicara melalui telepon/panggilan video. Curigai pula orang yang mendesak untuk memiliki hubungan serius tanpa mengenal lebih dalam.

 

2. Jangan mudah percaya

Perkenalan adalah sebuah proses. Memercayai orang yang baru dikenal melalui aplikasi kencan daring sangat tidak disarankan. Tetap lah untuk menjaga batas-batas berhubungan di dunia maya.

"Jangan sampai lepas kendali, jangan mudah percaya, dan terkena bujuk rayu, seperti masuk kepada menampilkan aksi pornografi," kata Veronica.

Veronica mengatakan, semakin sedikit informasi tentang seseorang, maka semakin pula seseorang itu tak bisa dipercaya. Mengetahui banyak informasi juga tak menjamin keamanan.

Oleh karena itu, Veronica menyarankan untuk melakukan check dan cross-check dengan tak berpaku pada satu sumber.

"Pastikan bahwa informasi yang diberitahu benar adanya. Bila tidak mungkin dipastikan kebenarannya, maka artinya jangan percaya," ujar Veronica.

 

3. Jaga informasi pribadi

Jangan memberikan informasi detail dalam profil diri di aplikasi kencan daring. Begitu pula saat baru mulai berbincang dengan calon pasangan.

Informasi itu meliputi beberapa hal penting yang dapat disalahgunakan. Misalnya saja alamat rumah, alamat kantor, rutinitas harian, dan nomor KTP atau rekening. Informasi tentang anggota keluarga seperti anak juga harus dibatasi.

Informasi ini dapat memudahkan orang-orang yang ingin berbuat jahat seperti penguntit dan penculikan.

 

4. Jaga akun

Selalu pastikan untuk me-log out dan menghapus informasi tentang password, terutama setelah membuka situs kencan daring di komputer umum. Pilihlah password yang kuat agar tak mudah disalahgunakan. Rutin mengganti password juga menjadi salah satu metode untuk menjaga akun tetap aman.

 

5. Jangan mengirim uang

Jangan pernah mengirimkan uang kepada orang yang baru dikenal. Umumnya, penipuan seringkali berkedok dalam keadaan darurat. Uang yang sudah dikirim, akan sulit untuk dilacak.

Jangan pula membagikan informasi yang dapat digunakan untuk mengakses keuangan Anda seperti nomor rekening atau pin.

Aplikasi kencan daring global seperti Tinder dan OkCupid melarang penggunanya untuk meminta dan mengirim uang kepada pengguna lain. Segera laporkan pengguna yang meminta untuk mengirimkan uang karena menyalahi aturan.

 

6. Tetap berada di platform

Tetap lah berbincang dengan orang yang baru dikenal di situs atau aplikasi kencan daring. Percakapan di platform akan lebih aman dan mudah dipantau.

Pengguna dengan niat buruk sering kali mencoba untuk mengganti media percakapan seperti telepon, surat elektronik, WhatsApp, dan aplikasi pesan instan lainnya.

 

7. Laporkan pengguna yang mencurigakan

Jika pengguna lain menyalahi aturan atau melewati batas, segera blokir dan laporkan pengguna ke situs atau aplikasi kencan daring.

Kegiatan yang menyalahi aturan aplikasi kencan online, dikutip dari Tinder dan OkCupid, meliputi meminta uang atau donasi, pengguna di bawah umur, pelecehan, mengancam, pesan yang tidak sopan, perilaku yang tidak pantas atau berbahaya saat bertemu langsung, profil yang menipu, spam, dan berjualan. (Binsasi)