Ampuh! Nih Tips Pakai WhatsApp Tanpa Takut Kuota Cepat Habis

Minggu, 08 Desember 2019 – 03:00 WIB

Ilustrasi aplikasi WhatsApp (doc: istimewa)

Ilustrasi aplikasi WhatsApp (doc: istimewa)

JAKARTA, REQnews – WhatsApp (WA) sudah jadi salah satu alat komunikasi yang populer saat ini. Sudah pasti setiap hari, kamu kontak teman, saudara atau keluarga lewat WA kan? Nah, gimana caranya supaya penggunaan kuota internetmu gak boros-boros amat saat pakai WA?  Yuk, simak beberapa tips berikut ini.

 

Ubah setelan penggunaan data

Langkah pertama adalah buka Aplikasi WA. Kemudian pilih setelan, lalu pilih penggunaan data.

Pada menu penggunaan data, anda bisa mengubah settingan unduh gambar atau video secara otomatis.

Caranya, pada pilihan 'Saat menggunakan data seluler', Anda bisa menentukan file mana yang akan Anda unduh secara otomatis. Anda tinggal membubuhkan centang pada file pilihan yang kamu inginkan.

Atau jika Anda sama sekali tidak ingin mengunduh file tersebut, Anda tinggal menghilangkan semua tanda centangnya. Dengan cara ini, berarti Anda sudah menghemat penggunaan kuota.

 

Ubah setelan panggilan

Langkah lain untuk hemat data adalah dengan ubah setelan panggilan. Caranya adalah buka menu 'Setelan', lalu buka 'Data dan Penyimpanan' kemudian buka pilihan 'Setelan Panggilan'.

Pada pilihan 'Penggunaan data minimum', hilangkan centang untuk mengurangi penggunaan data saat Anda melakukan panggilan. Hal itu bisa menghemat kuota internet Anda.

 

Atur Pencadangan Pesan

Selain itu, kamu juga bisa mengatur pencadangan pesan. Caranya adalah buka menu 'Setelan', lalu buka 'Chat' kemudian buka pilihan 'Cadangkan chat'.

Hapus tanda centang pada pilihan 'Sertakan Video' agar backup chat ke google drive bisa lebih cepat dilakukan. Hal tersebut juga bisa menghemat kuota lantaran video tidak ikut disimpan ke google drive. (Binsasi)

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!