Wajib Paham! 4 Hal yang Membedakan Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun

Minggu, 08 Desember 2019 – 18:00 WIB

Ilustrasi jaminan hari tua dan pensiun (Foto: Istimewa)

Ilustrasi jaminan hari tua dan pensiun (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Setiap institusi pemerintah, perusahaan swasta maupun BUMN (Badan Usaha Milik Negara) memiliki kewajiban untuk memberikan jaminan hari tua atau jaminan pensiun. Namun masih ada yang menyangka jika dua jaminan itu memiliki fungsi yang sama, yakni dana pensiun.

Eits salah besar! Ternyata, dua jaminan itu mempunyai pengartian yang berbeda lho. Khususnya dalam aturan dan sifatnya di peraturan perundang-undangan.

Well, biar kalian gak gagal paham lagi, simak 4 hal yang perlu kalian tahu mengenai jaminan hari tua dan jaminan pensiun berikut ini:

Kesatu, jaminan pensiun diatur dalam Peraturan Pemerintah No.45 tahun 2015 tentang Penyelengaraan Program Jaminan Pensiun, sedangkan jaminan hari tua diatur dalam Peraturan Pemerintah No.46 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Hari Tua.

Kedua, jaminan pensiun dapat diperoleh kepada pekerja swasta maupun penyelenggara Negara. Jaminan pensiun mempunyai ruang lingkup yang lebih sempit yaitu hanya berkalu bagi pekerja swasta saja. Nah bagi kamu yang mendaftar CPNS (Calan Pegawai Negeri Sipil), maka kalian akan mendapatkan jaminan pensiun nih.

Ketiga, jaminan pensiun mempunyai manfaat jangka panjang dan lebih banyak seperti jaminan pensiun hari tua, pensiun cacat, pensiun orang tua dan pensiun anak. Di lain pihak, jaminan hari tua tidak bersifat jangka panjang dan hanya diberikan pada pekerja yang berusia 56 tahun, cacat total maupun meninggal.

Keempat, penerimaan jaminan pensiun ialah bertahap yaitu dapat dibayarkan per bulan maupun per tahun dan mengikuti inflasi. Sedangkan jaminan hari tua hanya diberikan sekali seumur hidup hidup karena dibayarkan secara sekaligus.

So, kalau dicermati ternyata lebih banyak keuntungan apabila kalian menerima jaminan pensiun. Namun kalian harus ingat bahwa jaminan hari tua dan jaminan pensiun tidak bersifat mutlak dan tidak berlaku di semua perusahaan ya gaes.

Semoga bermanfaat ya! (Hans)