Pengacara senior Petrus Selestinus (doc: suaraflores.net)

UU Terbaru Sebut KPK Masih Bisa OTT, Nih Penjelasannya

Polemik terkait apakah pimpinan KPK Agus Rahardjo dkk. masih berwenang melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) pasca berlakunya UU KPK hasil revisi pertanggal 17 Oktober 2019, terjawab sudah.

Praktisi Hukum Kamilov Sagala (doc: Binsasi REQnews)

Pengamat: Hanya Presiden yang Bisa Selamatkan Chuck

Pemidanaan yang dikenakan atas Jaksa senior Chuck Suryosumpeno dinilai tak perlu dilanjutkan ke ranah pidana karena sudah dianggap selesai di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Praktisi Hukum Kamilov Sagala (doc: Binsasi REQnews)

Bukan Noor Rachmad! Chuck Calon Potensial Jaksa Agung Andai Tak Dikriminalisasi

Jabatan Jaksa Agung yang baru pada periode kedua Jokowi menjadi salah satu posisi yan disorot. Berbicara mengenai perwakilan dari internal kejaksaan, mencuat sebuah nama, Jaksa Chuck Suryosumpeno.

Pakar komunikasi politik Emrus Sihombing (jaket hitam paling kiri) saat menjadi pembicara dalam sebuah diskusi di bilangan Jakarta Selatan (doc: Binsasi REQnews)

Jangan Pilih Noor Rachmad! Calon Jaksa Agung Harus Non Partisan

Calon Jaksa Agung pada periode kedua Jokowi menjadi salah satu posisi yan disorot. Banyak opsi yang ditawarkan, namun yang paling mengemuka adalah harus dari non partisan.

Pakar Hukum Pidana Universitas Trisakti Andi Hamzah (doc: istimewa)

Prof Andi Hamzah: Pemidanaan Jaksa Chuck Tak Sesuai Kaedah Hukum Indonesia

Pemidanaan yang dikenakan atas Jaksa senior Chuck Suryosumpeno dinilai tak sesuai dengan kaedah hukum yang berlaku di Indonesia. Kejagung memidanakan jaksa berprestasi tersebut dinilai kontroversial.

Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) Petrus Selestinus (doc: istimewa)

Menguak Anomali dalam Rumusan UU KPK Hasil Revisi 2019

Dalam UU KPK hasil revisi terdapat ada point-point yang saling bertentangan. Meski terdapat jaminan pelaksanaan OTT bagi KPK di dalam pasal 69D revisi UU KPK, namun ada polemik di bagian lain.

Pakar Hukum Pidana Universitas Al Azhar Indonesia Suparji Ahmad (Foto : REQnews)

Pakar: Pemidanaan Istri Kolonel Hendi Suhendi Perlu Dikaji Ulang

Kasus pemidanaan tiga istri anggota TNI dinilai masih abu-abu dan butuh penelusuran lebih jauh. Berikut tanggapan dari pakar hukum pidana Universitas Al Azhar Suparji Ahmad.

Haris Azhar (foto-foto REQnews : Hari S & Bosko N)

Haris Azhar: Ini Negara Hukum, KSAD Tidak Boleh Sepihak Menghukum Prajuritnya!

Kasus pidana yang dilimpahkan kepada para istri anggota TNI masih menuai polemik. apakah benar postingan mereka menyingung Wiranto atau intitusi TNI?

Pakar Hukum UGM Profesor Marcus Priyo Gunarto (doc: istimewa)

UGM: RUU KPK Belum Diundangkan, Jokowi Tak Perlu Terbitkan Perppu

Perppu yang akan membatalkan revisi UU KPK dinilai belum bisa dilakukan saat ini. Bahkan jika nanti Jokowi akhirnya mengeluarkannya berbarengan dengan uji materi di MK, maka akan jadi bumerang baginya