Sesuai Data KTP, Lucinta Luna Ditahan di Blok Wanita, Tapi …

Rabu, 12 Februari 2020 – 17:00 WIB

Lucinta Luna (istimewa)

Lucinta Luna (istimewa)

JAKARTA, REQnews -  Pihak kepolisian sempat kebingungan soal penentuan lokasi penahanan artis Lucinta Luna. Sebab sesuai data yang tercetak pada KTP, Lucinta adalah seorang perempuan. Sementara pada paspornya tertera Laki-laki.

Menanggapi hal ini, pakar hukum Universitas Trisakti Yenti Ganarsih mengatakan, sambil menanti keputusan hakim, sebaiknya Lucinta ditahan sendirian di ruangan khusus karena dijaga ketat 3x24 jam.

“Kalau pun tak ada ruangan, bisa juga dititipkan di ruangan tahanan kejaksaan yang sering kosong, karena biasanya hanya untuk transit sebelum ke pengadilan,” katanya ketika dihubungi REQnews, 12 Februari 2020.

“Atau bisa minta bantuan dokter untuk menentukan  sebaiknya di tahan di mana, terkait jenis kelamin? Bukankah penyidik juga bisa minta keterangan dokter terkait layak tidaknya penahanan seseorang, walau biasanya terkait kesehatan?,” ujarnya lebih lanjut.

Namun sesuai informasi terbaru, akhirnya ruangan penahanan bagi Lucinta telah ditentukan. Ia ditahan di ruangan khusus di blok wanita pada Rutan Narkoba Polda Metro Jaya.

"Di blok cewek tapi ruangan khusus," kata Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Dirtahti) Polda Metro Jaya AKBP Barnabas.

Kata Barnabas, ruangan itu hanya akan dihuni oleh Lucinta seorang diri. Tidak ada tahanan lain di ruangan khusus yang ditempati Lucinta.

Artis transgender ini sudah ditetapkan sebagai tersangka atas tuduhan kepemilikan psikotropika. Ia dijerat dengan pasal 62 Jo 71 Undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang Psikotropika. Lucinta pun terancam hukuman penjara 4 tahun. (Binsasi)