Ikut Kerusuhan dan Terancam Dicopot Sebagai WN AS, Pemuda Ini Bisa Jadi WNI Lagi?

Senin, 01 Juni 2020 – 18:01 WIB

Ikut Kerusuhan dan Terancam dicopot Sebagai WN AS, Pemuda Ini Bisa Jadi WNI Lagi?

Ikut Kerusuhan dan Terancam dicopot Sebagai WN AS, Pemuda Ini Bisa Jadi WNI Lagi?

JAKARTA, REQnews - Seorang pemuda yang diduga kelahiran Indonesia dan menjadi warga negara Amerika Serikat lewat jalur naturalisasi, terlibat dalam kerusuhan di kota Philadelphia baru-baru ini. 

Pria itu tampak beringas. Ia mengambil sebuah benda yang besar lalu melemparkannya ke kaca gedung Wells Fargo Bank. Tindakannya ini sempat viral dan kini ia pun terancam dicopot status kewarganegaraannya.

Pakar Hukum Internasional Hikmahanto Juwana ikut menanggapi hal ini. Ia mengatakan, imbas dari kelakuan pemuda tersebut bukan menjadi tanggung jawab Indonesia lagi. 

"Kalau dicopot kewarganegaraannya ya belum tentu bisa jadi WNI lagi. Kan dia sudah tanggalkan melalui proses naturalisasi. Terlebih saat ini dia tak ada di Indonesia," ujarnya kepada REQnews, Senin 1 Mei 2020.

Hikmahanto menganjurkan agar publik tak perlu meributkan kejadian ini. Sebab soal urusan kewarganegaraannya sudah menjadi tanggung jawab AS.

"Kenapa harus diributkan, kalau dia kan WN AS keturunan Indonesia. Yang tanggung jawab ya pemerintah AS," kata Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) tersebut.

Ia lalu mengatakan bahwa soal pencopotan status kewarganegaraan tergantung mekanisme dan berbagai prosedur hukum di AS. 

"Biasanya ya harus menghadapi proses hukum di sana atas tindakannya. Tentu tak bisa langsung cabut kewarganegaraannya oleh pemerintah AS," ujarnya.  

Seperti diketahui, kerusuhan terjadi usai pembunuhan keji terhadap pria kulit hitam bernama George Floyd di Minneapolis, Minnesota, yang dilakukan oleh oknum polisi. Gelombang protes atas tindakan berbau rasis itu tak terhindarkan, banyak kota jatuh dalam kekacauan dan penjarahan. (Bins)