Artis Bigo Viralkan Balita Minum Anggur Merah, Pakar: Bisa Dipidana

Selasa, 25 Agustus 2020 – 15:00 WIB

Artis Bigo Viralkan Balita Minum Anggur Merah, Pakar: Bisa Dipidana

Artis Bigo Viralkan Balita Minum Anggur Merah, Pakar: Bisa Dipidana

JAKARTA, REQnews - Viralnya video wanita cantik yanga mengajak serta anak kecil untuk menenggak minuman keras membuat pakar hukum Universitas Al Azhar Indonesia, Suparji Ahmad angkat bicara. Kata dia, oknum dewasa yang ada dalam video tersebut bisa saja dikenakan pidana.

Menurut dia, untuk menentukan tindakan tersebut masuk kategori pidana atau tidak maka harus diperiksa atau diselidiki motif pembuatan video tersebut. ”Ya, tergantung dari ada kesalahan atau tidak dari pihak orang tua, kalau ada bisa dimintai pertanggung jawaban secara pidana," kata Suparji menjawab REQnews, Selasa 25 Agustus 2020.

Suparji menambahkan, pihak kepolisian perlu memproses kejadian yang ada di video itu lebih mendalam untuk mengetahui pelanggaran apa yang telah diperbuat. "Khan belum tahu tentang bagaimana anak itu melakukan, apa motifnya siapa yang menyuruh atau atas kesadaran sendiri apakah orang tau dan sebagainya,” ujarnya.

"Jadi perlu ada proses hukum yang dilakukan untuk meminta pertanggung jawaban sebenarnya siapa yang membuat video tadi gitu, karena itu tidak pantas kan itu kan menggunakan sarana elektronik, ada norma yang dilanggar,” ujarnya lagi.

Ia pun mendesak Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) untuk berperan aktif melihat viralnya video tersebut, termasuk memberikan intens memberikan pembinaan kepada masyarakat. “KPAI supaya lebih aktif untuk bisa memberikan pembinaan kepada anaknnya dan bersinergi dengan orang tua," katanya.

Di samping itu, Suparji meminta agar para orang tua agar dekat dan tahu perkembangan anaknya. “Harus lebih intensif dekat dengan anak ya, harus kemudian tau tentang perkembangan anak dari hari ke hari jangan diberikan kebebasan terlalu leluasa tapi harus ada satu proses yang terkontrol,” ucapnya lagi.

Diberitakan sebelumnya, media sosial viral dengan postingan video seorang wanita cantik diduga telah dengan sengaja mengajak gadis kecil yang usianya diperkirakan masih balita untuk minum anggur merah alias amer hingga mabuk.

Peristiwa ini terekam dalam video yang viral, dan diposting oleh akun @christian_joshuapale di Instagram. Dalam video itu, si wanita bersama seorang pria dewasa, mengajak gadis kecil lugu tersebut untuk menegak Amer, lalu menyuruhnya memperagakan berbagai gaya dan geleng-geleng kepala.

Christian Joshuapale menulis, "Semoga anak-anak kita dijauhi dari sumber energi negative yang bisa merusak masa depan mereka. Sangat tidak bisa ditolerir pemberian akohol pada anak di bawah umur apalagi yang masih di balita."

"Semoga orang2 dewasa dalam video ini bisa segera diciduk!" ujarnya menambahkan.

Belakangan diketahui, wanita dalam video itu Sabila Alharby, dengan akun Instagram @sabila_alharby. Ia disebut cukup tenar di aplikasi Bigo Live. Video ini mengundang reaksi keras netizen, yang ramai-ramai mengutuk si wanita dan pria yang mengajak gadis kecil tersebut mabuk-mabukan dengan amer.

(April)