Pak Kapolri! Desersi Polisi Gorontalo Jadi Mafia Jagal Anjing Curian

Jumat, 04 Desember 2020 – 11:36 WIB

Pencurian anjing peliharaan (Foto: Istimewa)

Pencurian anjing peliharaan (Foto: Istimewa)

GORONTALO, REQnews - Kasus pencurian hewan peliharaan seperti anjing dan kucing masih kerap terjadi di Sulawesi. Mafia penjagal hewan curian biasanya menjual daging anjing ke daerah pengkonsumsi.

Kisah ini dibagikan oleh Christian Joshuapale melalui akun instagramnya @christian_joshuapale. Ia menceritakan bahwa kasus tersebut bermula ketika seseorang kehilangan anjing peliharaannya. Kemudian ia mendapatkan informasi bahwa hewan kesayangannya berada disalah satu rumah jagal yang menampung anjing curian.

Saat memasuki rumah tersebut, ia mendapati anjingnya sudah terbujur kaku bersama dengan puluhan anjing dan kucing lainnya.

Kejadian tersebut sudah dilaporkan ke Polres Gorontalo, bersama dengan Dog Lover Gorontalo. "Namun oknum penyidik menolak membuat laporan polisi dan hanya meminta owner membuat pengaduan polisi," ujar Christian pada tim REQnews, pada Jumat 4 Desember 2020.

Ia juga mengatakan bahwa bukti kekejian tersebut sudah terkumpul, serta kebenaran faktanya sudah mulai terkuak. "Pemilik rumah jagal penadah anjing curian adalah seorang mantan oknum polisi yang dipecat dengan tidak hormat," ujarnya.

Christian menuturkan bahwa warga sekitar sering menangkap basah anak buah pemilik rumah jagal ketika sedang mencuri anjing milik warga. Anjing tersebut dicuri dengan cara diracun dan dipukul dengan balok. 

Lalu para pencuri tersebut dibawa ke kantor polisi. Namun saat pemilik rumah jagal datang, mereka dilepaskan kembali oleh oknum aparat.

Menurutnya, ada kejanggalan dari oknum penyidik yang tidak mau membuatkan laporan polisi. "Mengenai hal tersebut, nama oknum penyidik ini sudah kami laporkan ke Propam untuk ditindak lebih lanjut," katanya.

Namun saat ini owner yang tengah mencari keadilan tersebut, mengalami intimidasi dari pemilik rumah jagal tersebut. Christian bersama kuasa hukum tetap berusaha untuk mendampingi dan membantunya untuk mendapatkan keadilan.