IFBC Banner

Dituduh Curi Anjing Terlantar, Christine Jalani Pemeriksaan di Polsek Cipondoh

Selasa, 12 April 2022 – 12:12 WIB

Wanita penolong anjing diperiksa Polsek Cipondoh (Foto: Istimewa)

Wanita penolong anjing diperiksa Polsek Cipondoh (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Wanita penolong anjing terlantar, bernama Christine menjalani pemeriksaan di Polsek Cipondoh, Kota Tangerang pada Senin 11 April 2022.

Kuasa hukum Christine, Aditya Linardo mengatakan bahwa kurang lebih 10 jam kliennya menjalani pemeriksaan, yaitu dari pukul 11.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Ia mengatakan bahwa pertanyaan yang diajukan oleh polisi kebanyakan mengarah pada pencarian unsur pidana sesuai tugas dan fungsi kepolisian.

Namun, Aditya mengatakan bahwa pihaknya berharap hati nurani dan empati juga turut berperan dalam proses penegakan kasus tersebut.

"Karena kami berpendapat sejatinya keadilan juga harus dapat diterima oleh hati nurani masyarakat kebanyakan," kata Aditya kepada REQnews.com dikutip pada Selasa 12 April 2022.

Dalam pemeriksaan tersebut, pihaknya juga menyampaikan terkait dengan kondisi hewan-hewan yang diselamatkan dan memberikan bukti-bukti penunjang terkait proses penyembuhan ketiga anjing tersebut.

"Serta hasil pemeriksaan dokter hewan yang dalam hemat kami cukup memperjelas dasar dari Christine melakukan penyelamatan terhadap ketiga anjing tersebut," kata dia.

Selain itu, lanjutnya, juga didasari oleh penilaian yang objektif mengenai kondisi anjing-anjing tersebut dan penanganan yang perlu dilakukan terhadap mereka.

Aditya mengatakan bahwa pihaknya berharap peristiwa ini tidak menjadi preseden buruk di kalangan penyayang hewan dan animal wellfare activist.

"Agar mereka tetap berani memperjuangkan standar hidup yang layak terhadap binatang, tanpa perlu dibayang-bayangi oleh rasa takut terhadap adanya ancaman pidana," ujarnya.