IFBC Banner

Modus Penjualan Daging Anjing di Tokopedia, ADI Minta Pemerintah Lakukan Hal Ini

Minggu, 03 Juli 2022 – 15:07 WIB

Penjualan daging anjing di Tokopedia (Foto: Tangkapan layar)

Penjualan daging anjing di Tokopedia (Foto: Tangkapan layar)

JAKARTA, REQnews - Ketua Animal Defenders Indonesia (ADI) Doni Herdaru Tona mengungkap adanya penjualan daging anjing yang dikategorikan sebagai daging sapi di Tokopedia.

IFBC Banner


"Daging anjing, di jual pada kategori daging sapi. Ini pembodohan, penipuan dan pelanggaran hak perlindungan konsumen," kata Doni kepada wartawan, Minggu 3 Juli 2022.

Ia pun meminta kepada pemerintah agar waspada dan melakukan sweeping berkala, karena banyak pedagang daging anjing yang menyusup ke daging-daging sapi, babi, dan sebagainya.

Doni menyebut bahwa perdagangan daging anjing adalah sesuatu yang bertentangan dengan perundangan, namun para pedagang nakal masih coba memasarkannya.

Menurutnya, para pedagang nakal menggunakan berbagai macam cara termasuk upaya dalam kategori menggelapkan, memberikan barang yang tidak sesuai kategori alias penipuan.

"Serta pelanggaran hak perlindungan konsumen terkait amannya sumber pangan yang diedarkan," ujarnya.

Karena menurutnya, penjualan daging anjing dengan modus dikategorikan sebagai daging sapi telah memenuhi kriteria pelanggaran tersebut.

Sehingga Doni mengatakan bahwa sudah sepantasnya platform terkait, menjatuhkan juga sanksi kepada penjual dan menginformasikannya kepada publik sebagai suatu pelanggaran.

"Jadi, publik tau apa yang akan dihadapi oleh para penjual-penjual nakal ini jika coba-coba menjual daging anjing dan disamarkan dengan kategori lain," katanya.

Doni pun siap menempuh jalur hukum jika platform tersebut tidak mengambil tindakan tegas terkait adanya penjualan daging anjing secara online.

"Kami pun siap menempuh jalur hukum, jika platform yang ada ini, tidak bisa tegas dan menimbulkan potensi beredarnya daging anjing via platform online mereka," ujarnya.

Modus tersebut terungkap setelah salah seorang konsumen bertanya. "Ini daging babi hutan atau apa?," tanya akun Tanozaro dikutip pada Minggu 3 Juli 2022.

Namun yang mencengangkan, penjual menyebut jika daging yang mereka jual adalah daging anjing. "B1 (daging anjing) ka," ujar penjual.