Sempat Mangkir, Soenarko Hadir di Bareskrim Bareng Sosok Ini

Selasa, 20 Oktober 2020 – 22:03 WIB

Danjen Kopassus Mayjen TNI (Purn) Soenarko (Foto:Istimewa)

Danjen Kopassus Mayjen TNI (Purn) Soenarko (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Akhirnya mantan Danjen Kopassus Mayjen TNI (Purn) Soenarko hadir untuk diperiksa sebagai tersangka dalam kasus dugaan kepemilikan senjata illegal di Bareskrim, Selasa, 20 Oktober 2020.

“Datang pukul 10.00 tadi bersama pengacara dan mulai diperiksa pukul 10.45,” kata Kabag Penum Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Selasa, 20 Oktober 2020.

Sebelumnya Soenarko dijadwalkan diperiksa pada Jumat, 16 Oktober 2020 dalam kapasitasnya sebagai tersangka. Namun Soenarko minta penjadwalan ulang.

Kasus Soenarko awalnya diungkap oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan saat itu, Wiranto, dalam jumpa pers di kantornya pada 21 Mei 2019. Wiranto mengatakan, Soenarko jadi tersangka terkait kepemilikan senjata api ilegal yang diduga akan digunakan dalam kerusuhan 22 Mei 2019.

Saat itu pecah bentrok antara massa dengan aparat di sejumlah titik sekitar Sarinah, Tanah Abang, dan Sabang. Ini bermula dari aksi unjuk rasa para pendukung pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Sandiaga Uno di depan kantor Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu), Sarinah, Jakarta Pusat. Pasangan tersebut kalah dari Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Saat itu Soenarko pun sempat mendekam dalam tahanan. Namun, polisi mengabulkan penangguhan penahanan Soenarko yang diajukan dengan penjamin Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Namun kini Soenarko dipanggil untuk kembali diperiksa.

Dalam kasus ini sebenarnya bukan hanya Soenarko yang jadi tersangka. Tapi juga ada Kivlan Zein, Habil Marati, dan Komjen (pur) Sofyan Jacob.