IFBC Banner

Tidur Habis Sahur hingga Jelang Buka Bikin Puasa Batal?

Rabu, 06 Mei 2020 – 09:31 WIB

Ilustrasi tertidur pulas

Ilustrasi tertidur pulas

JAKARTA, REQnews -Pernakah kamu menemui orang yang berpuasa pada bulan Ramadan, namun kerjanya hanya tidur sepanjang hari, mulai dari setelah sahur hingga jelang berbuka? Atau, mungkin kamu salah satunya?

IFBC Banner


Bagaimana sih hukumnya seseorang yang tidur sepanjang hari selama puasa, apakah batal atau sah-sah saja?

Menjawab hal tersebut, ada beberapa dasar yang dijadikan rujukan. Pertama, berdasarkan fatwa Syaikh Shalih Al-Fauzan dari kitab Al Muntaqa, barang siapa yang tidur seharian maka puasanya tetap sah jika berniat sebelum terbitnya fajar.

Baca juga: Pengacara Wajib Baca! Ini 7 Tips Ampuh Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Berpuasa

Hanya saja, tetap saja berdosa karena meninggalkan salat pada waktu-waktunya. Namun ada pengecualian, jika orang tersebut bangun dengan niat menegakkan salat, lalu ia tak sengaja ketiduran, maka tidak berdosa.

Fatwa ini juga menyebut, jika bergadang menyebabkan orang lupa bangun untuk menunaikan salat saat Ramadan, maka haram hukumnya, meski puasa tetap terhitung sah.

Kemudian, merujuk Seperti Ittihaf Sadat Al Muttaqin karya Syekh Murtadla Az Zabidi juz 5 halaman 574, disebutkan, "Tidurnya orang puasa adalah ibadah, napasnya adalah tasbih, dan diamnya adalah hikmah. Hadits ini menunjukkan bahwa meskipun tidur merupakan inti dari kelupaan, namun setiap hal yang dapat membantu seseorang melaksanakan ibadah maka juga termasuk sebagai ibadah."

Baca juga: Ini 4 Manfaat Berbuka Puasa dengan Bubur Kacang Hijau

Lalu, menurut guru fikih Pondok Pesantren Al Masthuriyah Sukabumi, Ustaz Mumu Mudzakir, bila seseorang banyak tidur maka puasanya tetap sah, sebab dapat menghindarkannya dari berbagai perbuatan kemungkaran.

"Jika niatnya banyak tidur saat puasa untuk menghindari maksiat atau perbuatan tidak terpuji, seperti membicarakan orang lain (ghibah), zinah mata, dan lainnya yang mengundang dosa maka sah-sah saja," kata Ustaz Mumu, seperti dikutip dari Okezone, Kamis 30 April 2020.