Tanggapan Pihak Mal Gajah Mada Soal Hewan Peliharaan yang Terlantar

Kamis, 09 April 2020 – 18:03 WIB

Penelantaran hewan di salah satu petshop di Mall Gajah Mada (instagram/@christian_joshuapale)

Penelantaran hewan di salah satu petshop di Mall Gajah Mada (instagram/@christian_joshuapale)

JAKARTA, REQnews – Imbas dari kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tengah pandemi corona (Covid-19) membuat sejumlah mall di Jakarta ditutup. Salah satunya adalah Mall Gajah Mada.

Namun yang bikin miris adalah sejumlah hewan di pet shop yang ada di dalam mall terlantar. Bahkan tak memiliki ruang gerak yang cukup.

Kejadian ini lantas dikritik oleh  Pendiri Animal Hope Shelter Christian Joshua Pale. Melalui unggahan Instagramnya, Christian menyebut salah seorang perwakilan dari mall tersebut yang bernama Olivia Aprilian. Ia meminta agar pihak manajemen mall segera melarang toko jual beli hewan peliharaan itu beroperasi.

https://www.instagram.com/p/B-v6uB-lMME/?utm_source=ig_embed

REQnews pun segera menghubungi Olivia lewat direct message ke akun instagramnya @oliviahaka.

Namun ia memberikan pernyataan yang bertolak belakang dengan hasil investigasi yang dilakukan oleh Christian.

Olivia mengatakan bahwa saat mall ditutup, sebagian besar dari tenant petshop membawa hewannya pulang. Namun, ada sebagian kecil bagi tenant yang tidak membawa hewannya pulang.

“Kita lalu memberikan ijin untuk masing masing pemilik dan karyawan tenant untuk memberi makan, membersihkan kandang dan aktivitas perawatan hewan lainnya setiap hari,” ujarnya kepada REQnews, Kamis 9 April 2020.

Olivia juga mengungkapkan bahwa penutupan mall dilakukan sebagai bentuk dukungan atas upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran corona. Terutama berkenaan dengan keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 361 Tahun 2020 mengenai perpanjangan status tanggap darurat, serta adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar.

“Maka kami memutuskan untuk memperpanjang penutupan sementara operasional mall mulai tanggal 10 April – 24 April 2020,” katanya.

Sayangnya Olivia memilih bungkam, ketika ditanyakan soal tindak lanjut dari pihaknya terhadap pemilik petshop yang membiarkan hewannya terlantar dan dehidrasi karena AC gedung dimatikan. (Binsasi)